Skip to main content

FKKMDB PEDOMAN ORGANISASI



                   RANCANGAN PEDOMAN ORGANISASI (PO)
          FORUM KOMUNIKASI KELUARGA MAHASISWA DONGGO
 BIMA  (FKKMDB) SULAWESI SELATAN 
   PERIODE 2012-2013
                                                                                                                                                             


PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pedoman Organisasi (PO) dirumuskan pada hari Sabtu 14 Desember 2012, hasil kesepakatan pengurus harian pada rapat evaluasi menjelang MUBES XV FKKMDB sulawesi selatan  Mengingat pentingnya pedoman ini, maka dalam rapat pengurus di bentuk Team penyusun PO oleh ketua FKKMDB sulawesi Selatan  periode 2011-2012.
Dengan kerja Ekstra team penyusun mencoba memformatkan ini, selanjutnya disyahkan dalam MUBES  XV di LPTQ Makassar,  Dalam MUBES ini, menghasilkan keputusan sebagai Berikut:
1.      Merumuskan dan menetapkan AD dan ART
2.      Merumuskan dan menetapkan tata tertip musyawarah pemilihan
3.      Merumuskan dan menetapkan pedoman organisasi
4.      Meerumuskan dan menetapkan GBPK
5.      Merumuskan, menyusun dan menetapkan struktur kepengurusan


Pedoman Organisasi (PO) lahir sebagai gagasan baru bersama dengan keinginan restorasi ide (pengulangan kembali gagasan kegemilangan HMD masa sebelumnya). Pedoman Organisasi (PO) memiliki makna yang strategis sebagai upaya merealisasikan tujuan FKKMDB sulawesi selatan.



B.     Pengertian
Pedoman Organisasi (PO) adalah acuan atau rujukan yang bersifat konstitusional dalam hidup berorganisasi, yang dijadikan kaidah dalam beradministrasi dan penyusunan program kerja. Operasionalisasi program kerja hendaknya didasarkan pada AD, ART, dan GBPK maka penjabaran dan penjelasan lewat pedoman organisasi (PO)

C.     Maksud dan Tujuan
Pedoman Organisasi (PO) disusun dengan maksud  dan tujuan sebagai berikut:
a.       Merumuskan langkah dan kebijakan organisasi dalam mendesain program kerja FKKMD Sulawesi Selatan
b.      Membuat atau memformat aturan organisasi agar lebih diarahkan pada tertib administrasi dan penguatan manajemen oarganisasi
c.       Penafsiran terhadap Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga FKKMDB Sulawesi Selatan agar tidak terjadi miskomunication.


INDEKS DAN KODE SURAT

Sesuai indek surat FKKMDB Sulawesi Selatan terbagi kedalam 2 bagian, yaitu surat keluar dan surat masuk.
1        Surat keluar diupayakan ditanda tangani oleh ketua umum serta diupayan tebusan ke Dewan Penasihat dan pembina. Surat keluar hasur diarsipkan untuk dijadikan document dalam menjalankan aktivitas organisasi.
2        Surat masuk harus diarsipkan dan dibahas dalam rapat rutin.
KODE SURAT
FKKMDB adalah organisasi yang bersifat kedaerahan maka kode suratnyapun disesuaikan dengan kondisi kedaerahan sebagai berikut:
Surat internal:
a.       Surat Internal dari:
1. Ketua Umum                                                                            Kode    : A
2. Bidang  Organisasi dan Pengembangan Kader                        Kode   :  A – I
3. Bidang Pengembangan Ilmu Pengetahuan                               Kode   :  A - II
4. Bidang Ekonomi Sosial Budaya                                               kode   :  A- III           
5. Bidang Kerohanian dan Pemberdayan Perempuan                  Kode   : A - IV
b.      Surat Keluar dengan Kode : B
  1. Ke Instansi negeri dan swasta                                                 Kode   :  B
  2. Ke Dewan Pembina/Penasihat                                                Kode   :  B-I
  3. Ke Masyarakat                                                                        Kode   :  B-II
c.       SK dan Surat Mandat dengan                                                      Kode   :  C

TEKNIK MEMBUAT SURAT
Dalam membuat Surat, kertas hendaknya mengikuti pola nasional 4:4:3:3 dengan ketikan sebagai berikut:
1.          Kop surat hendaknya jelas dengan secretariat
2.          Sebelah kiri lambang lembaga FKKMDB dan sebelah kanan lambang daerah Bima.
3.          Basmallah di bawah kop surat
4.          Nama dan Tanggal keluar surat di ujung sebelah kanan surat, di atas nama pembuat surat dengan menggunakan tanggal masehi.

INDEKS SURAT
Sesuai indeks surat FKKMDB Sulawesi Selatan terbagi  ke dalam dua bagian yaitu:
1.      surat keluar diupayakan ditanda tangani oleh ketua umum serta diupayakan dewan penasihat dan pembina. Surat keluar harus diarsipkan untuk di jadikan dokumen dalam menjalankan aktivitas organisasi
2.      surat masuk harus diarsipkan dan diusahakan bahas dalam rapat rutin
3.      Nomor, lampiran, hal dan yth, disejajarkan sesuai petunjuk surat dalam lampiran.
4.      Puji syukur atau hamdalah
5.      Isi surat disesuaikan dengan tujuan surat, dan jelas tempat dan waktu (kode etik surat nasional).
6.      Penutup dan ucapan terima kasih, diakhiri dengan salam.
7.      Penempatan pengurus diupayakan di tengah-tengah surat, di ujung paling bawah.
8.      Tanda tangan dan stempel diupayakan sejajar dengan ketikan surat dan stempel dikenai tanda tangan sekretaris umum atau bendahara umum.
9.      Begitu juga membuat mandat, proposal dan jadwal acara.

Ketikan diupayakan satu spasi dengan rapi. Surat adalah penentu akan jalannya sebuah organisasi, dalam penyusunan surat, diupayakan memiliki arsip dan tembusan sebagai bahan pertanggung jawaban akan inventaris Organisasi.
Kode surat maupun indeks surat adalah merupakan bagian dari security organisasi, yang tahu hanyalah pengurus.
Apabila dalam hal tertentu, ada kebijakan dan rekomendasi pimpinan Organisasi, seperti Rasinalisasi pengurus atau alih fungsi dalam Organisasi, maka digunakan nomor surat istimewa dalam rangka memperkuat keputusan dan kebijakan organisasi.

Comments

Popular posts from this blog

NASKAH DRAMA CINTA SEGITIGA DAN PERSAHABATAN

CINTA SEGITIGA DAN PERSAHABATAN ADEGAN I PAGI-PAGI SAAT LIBURAN DI BANDUNG,RADIT MENGAJAK ARYA UNTUK JOGING DI TENGAH JALAN. MEREKA BERTEMU DENGAN DUA CEWEK YANG CANTIK, YAITU VIONA DAN LIA. LALU MEREKA BERKENALAN. Radit    : “pagi-pagi gini , jogging yuk....!” Arya     : “bentar, aku cuci muka dulu yachhh,.....” (   SUASANA DISAAT JOGGIMG ) Arya     : “eh dit....! ada 2 cewek cakep tuh, kita kenalan yuk!!” Radit    : “kamu tu ya, kalau lihat cewe cakep, kaya lihat uang satu meliar aja.....” Arya     : “tapi kamu mau khan....???” Radit    : ”yach...!!! itukan naluri laki-laki....” Arya     : “kalau gitu let’s go..........!!!” (MEREKA KEMUDIAN BERLARI MENDEKATI KEDUA CEWEK ITU) Viona    : “eh, lihat deh....! ada cowok lari ke arah kita lho...??” Lia        : “emang kenapa? Biar aja, mereka satu sekolah sama kita khan...???” Viona    : “lihat yang satu, ganteng lho.........” Arya     : “hai......... kita boleh kenalan nggak.....?” Viona    :

Tugas Terstruktur Menggambar kontruksi bangunan air (Saluran Irigasi)

     KATA PENGANTAR بِسْمِ اﷲِالرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Alhamdulillahirobbil ‘alamin, puji syukur kita panjatkan kehadirat ALLAH SWT Yang Maha membolak-balikkan hati hamba-Nya dan Yang Maha menuntun hati, akal, pikiran hamba-hamba yang dikehendaki-Nya. Kita berlindung kepada-Nya agar senantiasa rahmat dan ampunan menaungi kita. Maha Besar dan Maha Pandai ALLAH SWT yang telah mempermudah pengerjaan tugas besar ini, sehingga dapat selesai sesuai harapan dan tepat waktu. Dalam proses pengerjaan tugas besar ini, kami mengucapkan terima kasih atas segala bantuan dan dukungan, khususnya kepada: 1.              Ayah dan Ibu yang telah mendukung baik secara mental, moral, do’a maupun materil. 2.              Kakanda senior yang selalu membantu dan mengajarkan bagaimana cara penggambaran bangunan air secara sukarela. 3.              Lutfi Hair Djunur, ST., MT sebagai Dosen dan Asisten tugas. Penggambar menyadari bahwa masih ada berbagai kekurangan baik dari segi penggambaran

TUGAS BESAR PERENCANAAN BENDUNGAN 1

KATA PENGANTAR             Alhamdulillah kami panjatkan Kehadirat Allah SWT, yang telah menganugerahkan Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga penyusunan Tugas Terstruktur Perencanaan Bendungan 1 dapat diselesaikan dengan baik.             Tak Lupa penulis ucapakan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam penyelesaian tugas ini. Hal yang sama juga penulis haturkan kepada Dosen Mata Kuliah Perencanaan Bendungan yang telah memberikan pemahaman sehingga pengetahuan penulis tentang hidrologi lebih meningkat.             Selaku manusia biasa, tentunya penulis tak luput dari kesalahan. Oleh karena itu, saran dan kritik yang konstruktif sangat diharapkan demi penyempurnaan Tugas berikutnya. Billahi Fii Sabilil Haq Fastabiqul Khaerat Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh !                      Makassar,      Januari 2019                                                                                 Penyusun SOAL    BAB I PENDAH